Bagi sebagian orang yang memiliki pekarangan luas memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami berbagai tanaman adalah bukan hal sulit dilakukan. Tetapi bagaimana gi mereka yang hanya mempunyai lahan sempit, seperti di lingkungan perkotaan, perumahan atau pemukiman yg padat. Dimana media untuk menanam saja sudah tidak ada.



Tentunya hal tersebut adalah permasalahan utama selain alasan kesibukan. Bagi mereka yang mempunyai permasalahan seperti diatas tentunya akan menimbulkan rasa malas untuk bercocok tanam.

Sebenarnya, alangkah baiknya jika kita bisa memanfaatkan lahan meski itu sempit untuk suatu hal yang menguntungkan.
Contoh kecil saja, jika kita bisa memenuhi kebutuhan dapur seperti sayur atau keperluan lain tanpa membeli akan menghemat keuangan kita. Mungkin saja dianggap sesuatu yang kecil dan remeh, tetapi jika kita bisa memenuhi kebutuhan meski itu dianggap remeh tetapi bersifat kebutuhan yang kontinyu tentunya akan dirasakan manfaatnya.

Pemanfaatan pekarangan dilahan yang sempit bukan menjadi permasalahan yang sulit apabila kita mau melaksanakan. Karena disamping kita bisa memperoleh manfaat secara ekonomi kita bisa mendapat manfaat lain seperti lingkungan yang menjadi asri. Tanaman akan menjadikan kualitas lingkungan menjadi lebih baik, disamping itu nilai estetika ketika kita bisa menfaatkan atau menjadikan tanaman tersebut sebagai hiasan akan lebih baik.

Jadi, marilah diawali dari diri kita melakukan upaya untuk sedikit peduli dalam upaya pemanfaatan pekarangan dan juga perbaikan kualitas lingkungan.

Popular Posts