Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia telah mengusulkan formasi kebutuhan PNS Penyuluh Pertanian (PPL) untuk tahun 2016.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Pending Dadih Permana mengatakan usulan formasi itu akan ditandatangani antara Bupati/Walikota dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Jakarta, Jumat (2/9).



“Inti dari MoU itu adalah agar setelah THL TBPP diterimajadi PPL PNS tidak dialihkan untuk fungsi lain selain PPL,” Jelas Pending Dadih Permana kepada Sinar Tani diruang kerjanya.

Setelah usulan formasi itu direkap Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, kebutuhan penyuluh pertanian (PPL) seluruh Indonesia mencapai 104.486 orang. “Jumlah PPL PNS saat ini totalnya ada 24.984 orang.  Jadi kekurangan PPL saat ini mencapai 79.879 orang,” tambah Pending Dadih Permana kepada Sinar Tani.

Rekap jumlah Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL TBPP) yang umurnya sama atau kurang dari 35 tahun dan diusulkan kabupaten/kota ke Kementan agar bisa diangkat menjadi PNS totalnya mencapai 7.684 orang. Jumlah formasi PPL PNS dari THL TBPP  Propinsi Jawa Tengah sebanyak 1.025 orang dan terendah Propinsi Riau sebanyak 6 orang (lihat gambar).

SomEditor : Ahmad Soim

Popular Posts