Cabai ada di berbagai belahan dunia. Kalau traveling ke 5 negara ini, jangan kaget lihat bentuk unik cabai di sana. Ada yang mirip ceri hingga p(e)nis.
Harga cabai sekarang lagi mahal-mahalnya, Pedasnya pun makin berasa. Selain di Indonesia, ternyata cabai juga bisa dijumpai di berbagai negara di dunia, bahkan bentuk cabai ini unik-unik.
Ada cabai yang berbentuk seperti p(e)nis, ada yang mirip dengan buah ceri. Rasanya sudah pasti pedas dan tidak kalah dengan pedasnya cabai di Indonesia. Dihimpun dari beberapa sumber, inilah 5 negara yang punya cabai dengan bentuk paling unik di dunia:
P(e)nis Pepper Barcelona, Spanyol
Cabai berbentuk nyeleneh ini sering dijadikan suvenir yang dijajakan kepada para wisatawan di kawasan La Rambla. Pedagang biasanya menjual cabai ini seharga 4 Euro atau sekitar Rp 59 ribu per paknya. Unik bukan?
Cabai Chili Tepin, Texas, Amerika Serikat
Nama Chili Tepin sendiri diambil dari Bahasa Nahuati (Meksiko) yang berarti kutu. Cukup menggambarkan bentuk asli cabai tersebut. Cabai ini pun diklam sebagai cabai resmi asli dari Texas, AS.
Meski bentuknya tidak seperti cabai Indonesia, tapi soal kepedasan Chili Tepin ini boleh diadu. Pedasnya berada di bawah pedasnya Jalapeno.
Cabai Bhut Jolokia, India
Nama cabai ini adalah Bhut Jolokia. Asalnya dari daerah Assam di timur laut India. Tak hanya pedas, cabai Bhut Jolokia ini juga memiliki bentuk yang unik.
Sekilas bentuknya mirip dengan cabai rawit dari Indonesia, namun cabai ini lebih keriput. Keriputnya pun merata hingga bagian ujung cabai. Imut-imut tapi pedasnya mematikan
Cabai Habanero, Peru
Nama cabai ini adalah Habanero. Soal kepedasan tidak usah ditanya lagi, Habanero sangatlah pedas. Cabai Habanero sering diolah menjadi saus Habanero pedas yang sering digunakan sebagai pelengkap makanan.
Pada tahun 1999, Habanero pernah dinobatkan Guiness World Records sebagai cabai terpedas di dunia. Melihat bentuknya yang imut Habanero memang sedikit menipu, jadi hati-hati saja ya.
Cabai Jalapeno, Meksiko
Terakhir, dari Meksiko ada cabai Jalapeno yang sudah terkenal di seantero dunia. Jalapeno memang memiliki bentuk yang unik bila dibandingkan dengan cabai dari Indonesia. Bentuknya bulat lonjong, seperti terong. Namun bedanya Jalapeno ukurannya lebih kecil daripada terong. Cabai ini juga tidak memiliki keriput seperti cabai keriting dari Indonesia.
Soal rasa, Jalapeno pasti akan bikin kamu panas baik di lidah maupun telinga. Kalau traveling ke Meksiko, hati-hati saja bila memesan makanan karena mereka sangat suka sekali dengan Jalapeno. Pedasnya minta ampun!